Kamis, 03 Februari 2011

sungai di bawah laut Mexico

"Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain masin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi." (Q.S Al Furqan:53).
dalam ayat al-qur'an tersebut telah jelas disebutkan bahwa di dunia ini terdapat satu tempat dimana air asin dan air tawar letaknya 'berdampingan' namun tidak menyatu karena ada batas penghalangnya.
hal di atas mungkin sesuai dengan yang terjadi di laut Mexico.
seorang penyelam bernama Anatoly Beloshchin yang menyelam di perairan Cenote Angelita, Mexico mengemukakan bahwa ia menemukan air tawar di kedalaman lebih dari 30 meter. namun setelah mencapai kedalaman 60 meter, airnya kembali asin.
beberapa meter dari lokasi tersebut ditemukan gua. di bagian bawah dekat gua tersebut ditemukan sebuah sungai lengkap dengan pohon dan dedaunan yang mengapung di tubuh air tersebut.
ternyata sungai tersebut bukan seperti sungai yang nampak saat dilihat dari daratan. lokasi tersebut hanya mirip sungai karena warnanya yang kecoklatan. namun warna kecoklatan tersebut ternyata juga bukan berasal dari air tawar. lapisan yang berwarna kecoklatan itu ternyata adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfida. gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran.
setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, gas yang sempat dikira sungai tersebut tidak membahayakan manusia. namun meskipun demikian, apabila gas tersebut bercampur dengan air asin atau air laut yang mengandung garam akan menjadi berbahaya bagi biota laut.


kenyataan bahwa 'sungai' yang berada di bawah laut Mexico ternyata adalah gas hidrogen sulfida tidak lantas menjadi bukti bahwa apa yang disebutkan di dalam al-qur'an adalah hal yang tidak benar. bisa saja terdapat tempat lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan yang disebutkan di salah satu ayat yang ada di atas. karena pengetahuan manusia bersifat terbatas dan Tuhan-lah yang Maha Mengetahui segala sesuatunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar