Jumat, 04 Februari 2011

perubahan kemiringan sumbu bumi

saya membaca di buku 'Meteorologi' yang ditulis oleh Susilo Prawirowardoyo bahwa sumbu bumi mengalami perubahan setiap tahun. perubahan sumbu bumi ini sekitar 0,0001 derajat setiap tahun.
kemiringan sumbu bumi beragam dengan periode 40.000 tahun antara 21,8 derajat dan 24,4 derajat. pada zaman sekarang besarnya kemiringan sumbu bumi adalah 23,5 derajat. namun posisi itu tidaklah stabil melainkan terus mengalami perubahan.
makin besar kemiringan sumbu bumi, maka makin besar pula daerah kutub menghadap matahari pada musim panas. hal ini berakibat pada makin tingginya suhu pada musim panas. hal ini terutama berlaku untuk lintang tinggi belahan bumi utara yang didominasi oleh daratan. makin kecil kemiringan, makin berkurang suhu musim panas dan ini merupakan kondisi meluasnya daerah gletser.
perubahan iklim merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perubahan sumbu bumi. hal ini sudah lama diketahui oleh para ahli.
namun, selain faktor perubahan iklim, juga ada faktor lain yang dapat menyebabkan sumbu bumi mengalami pergeseran. seorang ahli astronomi asal Minneapolis, yaitu profesor Parke Kunkle, menyatakan bahwa posisi sumbu bumi mengalami pergeseran karena adanya gaya tarik gravitasi bulan terhadap equator bumi. pergeseran sumbu bumi ini menyebabkan perubahan pada astrologi. horoskop yang semula ada 12 bintang kini menjadi 13 bintang.
Astrologi ditetapkan berdasarkan posisi matahari terhadap susunan rasi bintang tertentu pada hari seseorang dilahirkan. Namun masalahnya, posisi tersebut ditentukan lebih dari 2000 tahun yang lalu. Dengan bintang-bintang yang sudah bergeser sekarang ini, timbul ketidakcocokan antara pandangan astrologi dengan ilmu astronomi.
Berikut ini adalah pembagian astrologi baru pasca pergeseran sumbu bumi.
Aquarius: 17 Februari-11 Maret
Pisces: 12 Maret-18 April
Aries: 19 April-13 Mei
Taurus: 14 Mei-21 Juni
Gemini: 22 Juni-20 Juli
Cancer: 21 Juli-10 Agustus
Leo: 11 Agustus-16 September
Virgo: 17 September-30 Oktober
Libra: 31 Oktober-23 November
Scorpio: 24 November-29 November
Ophiuchus: 30 November-17 Desember
Sagitarius: 18 Desember-20 Januari
Capricorn: 21 Januari-16 Februari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar