Jumat, 03 Desember 2010

Planet Terpanas di Tata Surya Kita, Merkurius atau Venus?

Seperti yang kita semua ketahui, dua planet tersebut adalah dua planet yang paling dekat dengan matahari. Merkurius merupakan planet terkecil di tatasurya setelah Pluto ‘dipecat’ dari statusnya sebagai planet. Sedangkan Venus memiliki ukuran yang hampir sama dengan bumi, hanya sedikit lebih kecil.
Jika dilihat dari letak kedua planet tersebut terhadap matahari, maka jelas merkurius lah yang lebih dekat. Hal ini yang banyak menimbulkan anggapan bahwa planet ini merupakan planet terpanas di tatasurya kita. Bukan argumen yang bisa disalahkan 100% lantaran alasan tersebut cukup logis dan dapat dipahami secara mudah. Dekat dengan matahari ibaratnya seperti kita berada dekat dengan perapian. Yaitu panas dari perapian itu akan ditransfer ke tubuh kita sehingga tubuh kita menjadi hangat. Hal itu pula yang dapat diterapkan dalam kasus Matahari dan Merkurius. Banyak pihak yang beranggapan bahwa panas matahari akan berdampak besar pada merkurius sehingga menyebabkan suhu di planet ini juga tinggi. Hal ini memang benar. Merkurius memang memiliki suhu yang tinggi yaitu sekitar 430° (pada siang hari). Namun nyatanya, suhu planet ini masih kalah tinggi dengan suhu venus yang mencapai kurang lebih 482° atau hampir sama dengan suhu awan panas atau wedhus gembel merapi. Suhu merkurius yang kalah tinggi dengan venus diduga karena planet ini tidak memiliki atmosfer (atmosfernya sangat-sangat tipis) sehingga panas dari matahari dapat dipantulkan dan dikeluarkan kembali ke angkasa. Alasan lain yang lebih masuk akal dan lebih dapat menjawab semuanya adalah karena atmosfer venus kaya akan gas karbondioksida yang menyebabkan terjadinya efek rumah kaca berketerusan (runaway greenhouse effect). Efek rumah kaca inilah yang mengakibatkan pancaran inframerah yang yang dikembalikan oleh permukaan planet tertahan tidak dapat keluar dari atmosfer karbondioksida.
Dari uraian di atas dapat diketahui dengan jelas bahwa venus lebih panas dari merkurius. Jarak merkurius yang dekat dengan matahari ternyata tak membuat planet ini menjadi yang terpanas. Karbondioksida pada atmosfer venus lah yang mengalahkan suhu merkurius.

1 komentar: