Kamis, 03 Mei 2012

Indonesia: Kaya tapi Miskin


secara astronomis, Indonesia berada di daerah lintang tropis yang memberikan kenyamanan bagi manusia yang tinggal di Indonesia karena amplitudo suhu harian yang tidak terlalu besar, kondisi iklim yang relatif stabil, bebas dari angin siklon, dan lain sebagainya. kondisi astronomis tersebut berdampak pula pada kondisi bumi Indonesia yang subur karena sinar matahari menyinari bumi Indonesia secara maksimal. pantas saja kalau ada perkataan bahwa "Tongkat dan Kayu jadi Tanaman". perkataan itu nyatanya sama sekali bukan omong kosong karena nyaris semua tanaman dapat tumbuh di Indonesia. tak heran jika Indonesia menjadi negara agraris untuk memanfaatkan alamnya tersebut.
secara geologis, Indonesia tak kalah kaya. Indonesia dihimpit 3 lempeng besar dunia yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. pergerakan ketika lempeng tersebut sejak jaman dahulu tak ubahnya membangun kekayaan bagi Indonesia. baik kekayaan dalam hal sumber daya alam, maupun kekayaan dalam hal bencana. untuk masalah bencana, rasanya tak perlu lagi dibahas secara mendalam karena aspek kebencanaan di Indonesia memang sudah terkenal dimana-mana dan Indonesia memang selalu menjadi juaranya. namun untuk masalah sumber daya alam, banyak hal yang justru memprihatinkan berkaitan dengan kekayaan Indonesia tersebut. letak geologis Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki sumber daya alam yang luar biasa kaya. berbagai macam mineral ekonomis terletak di Indonesia dan "menunggu" untuk dimanfaatkan. namun faktanya justru bangsa asing yang sering memanfaatkan sumber daya alam milik Indonesia. contoh paling terkenal tentu adalah Freeport. Indonesia seperti dibodohi habis-habisan oleh negara adidaya itu. padahal katanya banyak ahli Indonesia di bidang itu. banyak ahli berprestasi yang handal di bidang itu. tapi nyatanya bukan hanya masalah pikiran dan kepandaian semata, semuanya sudah berkaitan dengan aspek politik. Indonesia yang katanya sudah merdeka nyatanya masih tunduk di bawah ibu jari kaki Amerika. jadi, benarkah Indonesia sudah merdeka?
dari Sabang sampai Merauke..dari pulau We sampai pulau Rote..apa yang tak dimiliki oleh Indonesia? secara teoritis, Indonesia seharusnya menjadi negara terkaya di dunia! Amerika lewat..Eropa lewat! mana lagi? semua negara di dunia tak mampu menandingi kekayaan Indonesia. Tuhan mewariskan potensi alam yang maha kaya bagi Indonesia, namun nyatanya hanya secuil saja yang bisa dimanfaatkan. apakah itu bisa dibilang mensyukuri nikmat?
rakyat Indonesia mengais nasi di jalanan, padahal katanya tanah Indonesia subur loh jinawi, semua tanaman bisa tumbuh di atasnya. rakyat Indonesia miskin dan tertindas, padahal Indonesia memiliki gunung emas terbesar! siapa yang salah? Indonesia kaya tapi miskin..miskin tapi kaya. dengan potensinya yang maha dahsyat tersebut, seharusnya kita mulai berpikir tentang langkah konkrit apa yang harus kita ambil. Tuhan memberikan anugerah yang luar biasa yang harus disyukuri. bukan malah merusak anugerah itu dan bahkan "menyumbangkan" anugerah itu untuk negara-negara yang sebenarnya "miskin". bentuk dari rasa syukur kita terhadap nikmat Tuhan adalah dengan berusaha keras memanfaatkan potensi alam tersebut dengan baik. niscaya Tuhan akan selalu melimpahkan rahmat dan anugerahnya pada Indonesia..
Indonesia..kaya dan seharusnya kaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar