Sabtu, 04 Desember 2010

badai matahari dan dampaknya terhadap bumi

isu kiamat tahun 2012 salah satunya disebabkan karena adanya prediksi bahwa akan terjadi badai matahari pada tahun tersebut.
badai matahari ini sebenarnya merupakan siklus 11 tahunan dan merupakan siklus yang ke-24.
badai matahari sebenarnya merupakan aktivitas matahari yang melontarkan miliaran ton partikel, plasma berenergi, dan radiasi gelombang elektromagnetik.
badai yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada tahun 2012-2015 ini bukan pertanda kiamat seperti yang banyak diisukan. badai ini sebenarnya tidak akan langsung menghancurkan peradaban dunia. efek langsungnya akan dirasakan pada teknologi tinggi seperti satelit dan komunikasi radio. seperti pada tahun 2003 yang berdampak pada sistem jaringan listrik di Swedia. hal yang sama juga terjadi di Kanada dan Jepang pada tahun 1989. selain berdampak pada peralatan dan sistem komunikasi badai matahari juga berkontribusi terhadap perubahan iklim. ini karena peningkatan aktivitas matahari mengakibatkan matahari akan memanas. hal ini menyebabkan suhu di bumi akan meningkat tajam. dampak ekstrimnya adalah terjadinya kemarau panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar